Install xampp di komputer dulu sebelum membuat website offline


Pengen mahir bikin website?

Latihan dulu offline

Biar ga buang-buang uang sewa hosting. hehe

Walaupun sekarang latihan membuat blog sebenarnya bisa menggunakan blogspot.com ataupun wordpress.com bahkan joomla pun menyediakan di joomla.com.

Tapi biar bisa lebih mahir sebaiknya pasang server di komputer kita dulu, jadi bisa belajar buat database juga, sampai lancar baru deh jadi web developer. gitu

Intinya sih kalau mau langsung online silahkan, mau lewat server komputer silahkan. Yang akan di bahas disini adalah cara install XAMPP di komputer untuk mendukung tutorial selanjutnya seperti install worpress, joomla, moodle, dll

Langsung saja ya. Cara install xampp di windows.

#1. Sebelum install kita perlu download terlebih dahulu disini. GRATIS ko!
#2. Setelah di download, klik dua kali untuk installnya.
#3. Kebetulan ditempat saya muncul pesan tentang UAC,  tapi boleh dilewati dulu kok langsung saja pilih OK aja dulu dan akan muncul seperti dibawah ini, pilih next

#4. Selanjutnya pilih komponen apa saja yang ingin sobat install. Misalnya tidak mau perl ya di uncheck. Saran saya sih pakai semua aja soalnya salah-salah uncheck malah pas mau pasang CMS yang kita pengen, ga bisa. Disini saya pilih semua dan pilih next.

#5. Pilih folder untuk tempat sobat menyimpan file xampp. Saya terbiasa simpan di drive C:\xampp dan setelah itu pilih next.
#6. Selanjutnya akan keluar pesan kalau XAMPP menyediakan juga bitnami untuk memudahkan instalasi Wordpress, Drupal ataupun Joomla. silahkan next saja

#7. Setelah ini kita akan diberi info kalau xampp siap untuk di install, silahkan pilih next. Dan proses instalasi akan berjalan.
Apabila muncul pesan windows firewall has blocked, silahkan pilih allow acces.

#8. Setelah selesai, pilih finish dan akan muncul pilihan bahasa. Dan pilih bahasa inggris.
Setelah itu aplikasi XAMPP akan berjalan dan sudah bisa dimulai untuk penggunaannya.

Berikut ini saya sudah buatkan panduan juga di youtube

Cara menjalankan xampp dan setting Otomatis Jalan saat komputer hidup.

Setelah di install, untuk menjalankannya cukup klik 2 kali dan pilih start untuk Apache dan MySql.

Selanjutnya kadang kita perlu ketika server hidup dibuat xampp langsung jalan. Contoh di tempat saya, komputer saya setting nyala jam 7.00 dan mati jam 18.00 disitu xampp harus langsung jalan, agar program absen yang saya buat dengan yii bisa berjalan.
Untuk setting xamppnya, silahkan pilih menu config di pojok kanan atas dan checklist Apache dan MySql terlebih dahulu.
Selanjutnya silahkan buat shortcut xampp.exe di desktop dan copy ke dalam folder startup yang ada di C:/ProgramData>Microsoft>Windows>Start Menu> Programs > Start -up.

setelah itu silahkan coba untuk restart komputer sobat.



Mengatur Time Zone pada XAMPP

Beberapa waktu lalu, saya mengalami masalah, yaitu absen anak-anak pkl di tempat saya ko aneh ya. Jam nya lain. Ternyata setelah saya cari tahu, Time zone ya masih Berlin/Jerman. Makannya Time Zone ini perlu diperiksa setelah memasang XAMPP. 
Cara untuk merubahnya, cari file php.ini yang ada di C:/ XAMPP > php. Kebetulan saya install xamppnya di C, kalau sobat di tempat lain, ya cari di tempat tersebut.
Setelah itu silahkan buka file php.ini, kebetulan saya pakai notepad ++ dan cari date.timezone dengan CTRL + F. Apabila sudah ketemu, silahkan ganti menjadi Asia/Jakarta. Maka waktu akan mengikuti waktu jakarta. 

Untuk yang permasalahan lain di xampp belum saya jumpai lagi, jadi cukup dulu ya sobat SPW. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Install xampp di komputer dulu sebelum membuat website offline"

Post a Comment