42 Kompetensi yang harus dikuasai oleh mekanik Junior mengikuti SKKNI


Ketika buka-buka log book kompetensi saya, ternyata minimal ada 42 unit kompetensi yang harus dikuasai oleh mekanik junior. Ga tahu deh kalau sekarang ada penambahan apa engga, soalnya buku ini saya dapat 2006 dari LSP Otomotif pada waktu itu. Kalau standarnya mengikuti SKKNI (Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).
Ah males ah ngikuti SKKNI otomotif, udah jadul
Memang SKKNI otomotif saat ini sudah cukup ketinggalan dari Australia (Sumber referensi awal SKKNI). Tapi menurut saya ga ada salahnya menggunakan SKKNI sebagai standar minimal kita saat ini dan terus kembangkan aspek kritisnya mengikuti jaman now.
Ah males ah, kalau mbaca SKKNI itu bikin bingung, soale bahasanya pakai bahasa baku banget.
Itu dia PR yang berat, saya pun sedang mencoba menterjemahkan bahasanya menjadi bahasa yang saya mengerti dan kalau bisa anak SD juga paham. Kalau ga ngerti gimana mau menerapkannya
Untungnya apa kalau pakai SKKNI dan dapat sertifikat BNSP?
Kalau ngomong ini kan soal pengakuan dari lembaga Negara. Yang sebenarnya diwajibkan, layaknya sertikasi halal dari sebuah makanan. Orang akan lebih tenang ketika ada tulisan halal tersebut.
Contoh lain kalau di negara maju seperti Jepang misal ga punya SIM kan sudah pembunuhan berencana. Klo dokter tanpa izin sudah dianggap malpraktek, klo mekanik?
Ah saya ga disertifikasi juga ga papa, kerjaan numpuk kok, semua orang juga panggil saya, Bengkel saya juga penuh!
Saya juga setuju sih, hehe. Cuman giliran kita mau keluar ke negara lain (gara-gara 2016 kan kita sudah jadi warga ASIA (bukan gara-gara rezim now ya)) susah, nah mereka masuk ke kita gampang. Karena mereka diakui oleh negaranya dan harus diakui juga oleh negara kita.

Sertifikasi adalah wujud pengakuan terhadap diri kita dan jaminan untuk pelanggan kita. Orang yang belum sertifikas tidak berarti ga mampu, tetapi belum diakui oleh negara. Sertifikasi juga tidak boleh diobral hanya karena proyek dan kasihan. Kasihan, standarnya jadi diremehkan. Oke lah langsung aja ke 42 unit kompetensi mekanik junior versi LSP itu apa aja

Kompetensi Umum

Sepertinya ada 11 unit kompetensi yang harus dikuasai seorang mekanik junior (benar-benar mekanik). Apa saja itu?

  1. OTO.KR10.001.01 Melaksanakan Pemeliharaan/ Servis Komponen 
  2. OTO.KR10.003.01 Memelihara / Servis Sistem Hidrolik
  3. OTO.KR10.005.01 Memelihara/Servis dan memperbaiki kompresor udara dan komponen-komponenya
  4. OTO.KR10.007.01 Melaksanakan teknik pematrian
  5. OTO.KR10.009.01 Membaca dan memahami gambar teknik
  6. OTO.KR10.010.01 Menggunakan dan memelihara alat ukur
  7. OTO.KR10.012.01 Melaksanakan pekerjaan permesinan
  8. OTO.KR10.016.01 Mengikuti Prosedur dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  9. OTO.KR10.017.01 Menggunakan dan Memelihara Peralatan dan perlengkapan tempat kerja
  10. OTO.KR10.018.01 Kontribusi Komunikasi di tempat kerja
  11. OTO.KR10.019.01 Melaksanakan Operasi penanganan secara manual

Kompetensi Engine

Saya lihat ada 6 unit kompetensi yang diambil dari kompetensi engine. Tapi sebenernya mesti ditambahin kayaknya, cuman nanti tak taruh dibawah aja ya.
  1. OTO.KR20.001.01 Memelihara/ Servis Engine dan Komponen-komponenya
  2. OTO.KR20.010.01 Memelihara/Servis Sistem Pendingin dan komponen-komponennya
  3. OTO.KR20.011.01 Memperbaiki sistem pendingin dan komponen-komponennya
  4. OTO.KR20.012.01 Overhaul Komponen Sistem Pendingin
  5. OTO.KR20.014.01 Memelihara / Servis sistem bahan bakar Bensin
  6. OTO.KR20.017.01Memelihara / Servis sistem bahan bakar Diesel

Kompetensi Power Train

Powertrain/ Sistem pemindah tenaga ini ada hubunganya sama perawatan kopling, transmisi, gardan. Jadi kurang lebih unitnya adalah :
  1. OTO.KR30.001.01 Memelihara/Servis unit kopling dan komponen-komponennya
  2. OTO.KR30.002.01 Memperbaiki kopling dan komponen-komponennya
  3. OTO.KR30.004.01 Memelihara/Servis Transmisi Manual
  4. OTO.KR30.007.01 Memelihara/Servis Transmisi Otomatis
  5. OTO.KR30.010.01 Memelihara/ Servis Unit Final Drive/Gardan
  6. OTO.KR30.013.01 Memelihara/Servis Poros Penggerak Roda
  7. OTO.KR30.014.01 Memperbaiki poros-poros penggerak roda

Kompetensi Chasis & Suspension

Kompetensi di bidang chasis ini lebih ke kemampuan memelihara rem, suspensi dan kemudi
  1. OTO.KR40.001.01 Merakit dan Memasang Sistem Rem dan Komponen-Komponennya
  2. OTO.KR40.002.01 Memelihara/ Servis sistem rem
  3. OTO.KR40.003.01 Memperbaiki sistem rem
  4. OTO.KR40.004.01 Overhaul komponen sistem rem
  5. OTO.KR40.008.01 Memeriksa sistem kemudi
  6. OTO.KR40.009.01 Memelihara/Servis sistem Kemudi
  7. OTO.KR40.012.01 Memeriksa Sistem Suspensi
  8. OTO.KR40.014.01 Memelihara/Servis Sistem suspensi
  9. OTO.KR40.016.01 Balance Roda/Ban
  10. OTO.KR40.007.01 Melepas dan Memasang dan Menyetel Roda
  11. OTO.KR40.009.01 Membongkar, memperbaiki dan memasang ban luar dan dalam

Kompetensi Electrical

  1. OTO.KR40.001.01 Menguji, memelihara/servis dan mengganti baterai
  2. OTO.KR40.002.01 Melakukan pebaikan ringan dan rangkaian/sistem kelistrikan
  3. OTO.KR40.007.01 Memasang, menguji dan memperbaiki sistem penerangan dan wiring
  4. OTO.KR40.008.01 Memasang, menguji dan memperbaiki sistem pengaman kelistrikan dan komponenya
  5. OTO.KR40.009.01 Memasang perlengkapan kelistrikan tambahan (asesories)
  6. OTO.KR40.011.01 Memperbaiki sistem pengapian
  7. OTO.KR40.019.01 Memelihara/Servis sistem A/C (Air Conditioner)


Sekali lagi, yang diatas adalah daftar untuk pengakuan mekanik junior versi LSP otomotif. Sementara kita ga rubah dulu. Kalau mau standar yang lebih tinggi dan kekinian, jangan ilangin standar ini tapi tambahkan dengan reverensi dari negara lain.
Kalau buat mekanik di bengkel, sebenarnya harus bisa apa sih? Kalau kasarnya harus bisa beberapa hal dibawah ini
  • Kerja selamat dan sehat, alias perhatiin K3
  • Bisa jaga alat dan tempat kerja. Jangan sampai jangka sorong kok dibanting, dll
  • Jaga komunikasi ditempat kerja, dan jaga sikap sama pelanggan (padahal kalau saya masih nggregeli)
  • Ganti oli yang bener, dari ganti oli mesin, ganti oli transmisi, ganti oli gardan dengan oli yang benar. Inget Ganti ATF aja ada yang harga oli seliternya 1,5 Jt lo ya. Kalau dikali 7 (min) aja dah berapa? nah kalau keliru oli gimana, opo ga ..................
  • Bisa memelihara mesin, atau boleh dibilang Tune Up, baik mobil bensin dan mobil diesel dengan bener
  • Servis Rem dengan bener
  • Bisa balans roda
  • Periksa kelistrikan ringan, ya sambil baca-baca wiring dikit lah
  • Periksa Fungsi-fungsi sistem dalam kendaraan (fungsional lampu, fungsional wiper, dll) mungkin boleh dibilang Pemeriksaan sebelum penyerahan. 
  • Ngecek AC bener apa kagak. Ngecek aja ya, cuman ya harus tahu sistemnya.
Lebih sebagai mekanik perawatan rutin aja dulu. Tapi kalau kita bilang jaman now, mungkin harusnya ada yang ditambah seperti dibawah ini kali ya.
  1. Memelihara/Servis Sistem Kontrol Emisi
  2. Memelihara/Servis Engine Management System
  3. Memelihara/Servis dan Memperbaiki Sistem Rem Anti-Lock Brake System (ABS)
Dan mungkin beberapa unit harus dikurangi untuk junior, contohnya yang ada bunyinya overhoul (kecuali waktunya cukup).


Bagaimana kalau standar negara lain?
Terus terang saya juga lagi baca dan pahami (sambil makan roti dan keju, siapa tahu jadi lebih ngerti) Dan menurut saya lebih enak baca standar tetangga ya, susunanya juga lebih mudah di mengerti, targetnya jelas. Apa karena sambil makan keju?
Sedikit contoh dari hasil pengamatan jarak jauh saya adalah sebagai berikut .


Dari Basic, terus dibagi ke level 2, terus level 3, dst. Enak kayaknya. (kejunya)
Oke selanjunya nanti dibahas satu persatu aja deh plus bandingin sama standar tetangga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "42 Kompetensi yang harus dikuasai oleh mekanik Junior mengikuti SKKNI"

Post a Comment