Step 1 Belajar Adobe Illustrator : Mengenal Area Kerja





Mengenal area kerja adobe illustrator itu wajib jika ingin belajar adobe illustrator. Jika sobat pengen banget jualan vektor di pasar microstock. Sepertinya sobat pw harus belajar ini

Karena setelah saya cari tahu ternyata file yang diwajibkan dijual adalah eps. Katanya sih agar mudah diedit sama pembelinya dengan adobe illustrator. Fakta yang saya temukan juga, illustrator memang banyak digunakan oleh tukang desain dunia.

Walaupun faktanya coreldraw memang rajanya di Indonesia.

Oke jika sobat pw mau belajar. Yuk silahkan disimak dengan seksama.

Membuat Dokumen Baru

Silahkan buka adobe illustrator yang sobat punya. Kebetulan yang saya gunakan adalah adobe illustrator CS3

Saat ingin mulai menggambar, kita diminta untuk membuat dokumen baru. Untuk membuatnya mudah kok, kita bisa pilih menu File >> New .....

Jangan lupa setelah itu tulis nama dokumen sobat. Pengenya di beri judul apa? Bebas sesuai keinginan, Misalnya Latihan 1.

Pada bagian bawah ada tulisan Advanced. Silahkan dipilih dulu supaya muncul pilihan Color Mode.

Menurut para senior, mereka menyarankan untuk membuat Color Mode menjadi RGB. Hanya saja nanti saya bahas belakangan pilihan warna ini.


Mengenal area kerja adobe illustrator 

Dibawah ini adalah contoh area kerja pada Adobe Illustrator CS3 saya yang mulai ketinggalan. Mungkin akan ada sedikit perbedaan dengan milik anda yang lebih update.

Tapi untuk dasarnya boleh lah....


mengenal area kerja adobe illustrator


Awal saya belajar, menurut saya mirip banget dengan Adobe Photohshop. Lah memang iya, namanya juga saudara. Masak iya disuruh mirip corel atau inkscape?

Tool Box

Tool box adalah tools yang bakalan sering kita gunakan. Sedikit tentang toggle column digunakan untuk menampilkan tolbox dua kolom seperti dibawah ini atau segaris ke bawah.


Apa saja masing-masing fungsinya?

Selection Tool (V) untuk memilih atau menyeleksi objek

Direct Selection Tool (A) untuk memilih atau menyeleleksi objek lebih fokus, misalkan objek ada didalam group. Atau didalam objek yang rumit.

Jika ingin memilih lebih dari satu objek, gunakan selection tool bersama tekan shift.

Magic Wand Tool (W), untuk memilih objek lebih dari satu yang warnanya sama atau ketebalan garisnya sama.

Lasso Tools (Q), untuk menyeleksi objek yang kita kelilingi dengan mouse.



Floating Palette

Ketika anda menggambar dengan tool box, dan ingin merubah warna atau garisnya, kita akan sering menggunakan Floating Pallete






Menyimpan File Adobe Illustrator

Untuk menyimpan cukup gampang, kita ke menu File >> Save. Disana nanti ada beberapa pilihan seperti *.AI, *.PDF, *.EPS, dan *.SVG.

Jika ingin menyimpan dalam format lain, kita bisa menggunakan File >> Export... Format yang disediakan adalah DWG (Autocad), SWF (Flash), JPG, BMP, PSD (Photoshop), PNG, dll


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Step 1 Belajar Adobe Illustrator : Mengenal Area Kerja "

Post a Comment