Cara Mudah Membuat Barcode di Excel untuk Memudahkan Penjualan

cara membuat barcode di excel

Terkandang kita ketemu dengan barang yang tidak dilengkapi dengan barcode. Jadi ketika ingin melakukan input pembelian dan penjualan, jadi kesusahan. Jika sobat pw mengalami hal tersebut, berarti harus belajar membuat barcode di Excel.

Maksudnya Microsoft Excel?

Iya benar. Dan bisa jadi bisa juga menggunakan aplikasi lain seperti libre office atau open office. Hanya saja belum saya coba

Persiapan membuat barcode dengan excel


Yang paling utama harus kita persiapkan adalah font atau jenis huruf. Kita bisa download di google yang namanya font id automation hc39 free edition

Font diatas adalah versi gratis. Dan saya rasa sudah cukup untuk bisa digunakan. Jika sobat pw mau beli juga bisa menggunakan font lain.

Tetapi memang barcode yang tersedia masih sebatas barcode batang. Belum QR code.

Jika sudah, silahkan copy dan paste font tersebut ke drive C >> Windows >> Fonts. Dan jika sudah tepasang silahkan buka aplikasi excel untuk memastikan.



Cara membuat barcode dengan excel.

Jika sudah siap, kita akan mulai membuat barcode dengan excel. Misalnya di kolom pertama baris pertama, kita ketikan nomer 123456. Dan silahkan rubah font menggunakan id automatic tadi.

Bagaimana berubah kan?

Tetapi dijamin TIDAK BISA di scan barcode.

Karena untuk membuatnya, kita harus mengetikkan "*"123456"*" pada kolom tersebut. Dan rubah dengan font id automatic.



Hasilnya mirip, tetapi yang bisa dibarcode adalah yang kedua. Jika tidak percaya, coba saja. Karena saya sempat membuat kesalahan tersebut.

Jika sudah berhasil, tinggal atur untuk besar font, lebar kolom dan tinggi baris. Agar tampilan barcode lebih rapi dan mudah discan.

Berikut adalah video petunjuk membuatnya



Ok selamat mencoba.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Barcode di Excel untuk Memudahkan Penjualan"

Post a Comment