Mantab Lurr, Mobil Toyota Avanza Baru Dilengkapi 9 ECU

mobil toyota avanza baru

Septapw.com -- Lurr, sudah pernah ngerjain mobil Toyota Avanza baru belum? Itu lho yang mesinnya baru pakai dual vvti. Kalau ga salah sih mobil ini mulai dijual 2015.

Nah kebetulan beberapa waktu lalu ada avanza baru nih mampir ke bengkel. Dan pas tak scan pakai scanner mobil ternyata dia sudah punya 9 ECU. Wah banyak juga ya lur untuk sekelas Avanza. Walaupun sebenarnya juga ga perlu heran. Karena ada mobil yang sudah dilengkapi sampai 72 ECU.

Apa aja ya?

1. EFI

EFI ini singkatan dari Electronic Fuel Injection. Jadi ECU ini yang mengatur penginjeksian bahan bakar. Tapi kalau di Avanza, ga hanya itu lho. Dia juga mengatur sistem pengapian, dan juga mengatur VVTi nya.


Sudah pada belajar EFI belum lurr??

Yang mau belajar tinggalin komentar ya, biar tak siapin.

2. A/T

Tumben nih Toyota misahin komputer buat mesin dan buat matic. Padahal di beberapa tipe sebelumnya kan disatukan. Makanya ada istilah PCM (Power Train Control Modul). Kalau sampeyan sering ketemu istilah PCM, itu artinya disatuin ya lur untuk matic dan mesinnya.

3. ABS/VSC

Soal pengereman pasti sampeyan semua sudah pada tahu lur kalau Avanza baru sudah dilengkapi ABS/VSC. Singkatan dari ABS itu Anti-lock Braking System. Dan VSC itu singkatan dari Vehicle Stability Control.

Setahu saya, Toyota memang lebih suka memakai istilah VSC untuk teknologi sistem pengeremanya. Kalau secara fungsi seharunya memang VSC lebih unggul dari ABS. Karena fiturnya memang lebih lengkap.

Cuman untuk di avanza kurang tahu, apakah fitur stabilitasnya di pakai atau engga. Nanti saya coba cari tahu di mobil yang saya pakai.

4. EPS

Teknologi EPS sudah dipakai mulai dari veloz. Singkatannya adalah Electronic Power Steering. Jadi Power steeringnya sudah electric. Jangan nyari-nyari minyaknya dimana.

5. IMB

IMB ini sepertinya singkatan dari Imobilizer lur. Dan sampai saat ini terus terang aku belum yakin.

Tapi kalau bener immobilizer. Berarti anti maling alias remotenya udah masuk ke sistem. Kalau dulu kan masih pasangan dari pihak ketiga.

6. AB

AB ini singkatan dari Airbag. Jadi di sopir dan penumpang kiri sudah disediaan balon pengaman kalau terjadi kecelakaan (amit-amit).

7. Body

Kalau bicara ECU body, memang sebetulnya sekumpulan relay dan fuse yang dikasih program. Kalau jaman dulu kan kelistrikan body ada banyak dan ga diatur. Kalau sekarang udah dikasih pengatur sendiri.

Jadi kalau ada problem kelistrikan body, mau ga mau juga perlu scanner mobil lur.

8. Combination Meter

Combination meter ini ada yang nyebut dengan istilah instrument cluster. Fungsinya memang kasih info ke pengemudi kondisi mobil. Bensinya habis apa belom, ada lampu indikator yang nyala apa engga.

Eh lurr, kalau lampu indikator avanza ada yang nyala coba baca artikel dari automotive e-learning montirpintar.com ini.

9. Combi S/W

Combi switch ini kalau di mobil eropa yang biasa kita operasiin ketika mau nyalain lampu, wiper, dll. Yang ada di steer itu lho.

Jadi cukup lengkap kan ECUnya. Kalau ada masalah dengan salah satunya, sebaiknya scan dulu ya lurr. Kalau belum tahu caranya, coba buka artikel ini

Salam kuku hitam









Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantab Lurr, Mobil Toyota Avanza Baru Dilengkapi 9 ECU"

Post a Comment