Panduan Teknis Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot



cara membuat blog di blogspot


Halo, blogger newbie, sedang mencari tahu bagaimana membuat blog?

Dan sudah memutuskan belum mau menggunakan blogspot?

Yang gratis. tapi bisa menghasilkan.

Tapi ingat ya, belakang nama blog kita ada tulisan blogspot.com.

Contohnya septapw.blogspot.com.

Tetapi ga usah kuatir, anda bisa custom dengan membeli domain anda sendiri. seperti septapw.com ini.

Jadi bagaimana membuatnya?

1. Membuat email dan harus 

Ada engga ya yang tidak punya email, dalam hal ini gmail?

Ada, utinya zie ga punya.

Tapi kalau yang punya android harusnya pada punya kan?

Wah saya lupa om septapw email saya, soalnya dibuatin.

Buruan minta dan ganti password, kalau engga buat lagi saja dan harus dicatat dan diingat.

Kenapa harus pakai gmail? Memangnya pakai yang lain ga bisa?

Misalnya yahoo atau outlook?

Jelas tidak bisa, karena blogger punyanya mbah google, jadi kita harus mendaftar melalui gmail.

Mulai buat gmail yuk, tapi buat yang sudah punya silahkan lewati dan langsung ke topik selanjutnya.

Buka browser yang biasa anda gunakan. Bisa melalui hp ataupun laptop, di warnet juga boleh.

Sudah buka?

Ketik gmail.com.

Selanjutnya mulailah mendaftar dengan pilih create account. Apabila sobat menggunakan bahasa indonesia, tulisannya adalah membuat akun baru.

Maka akan muncul form seperti dibawah ini dan isi data-data yang diperlukan.





Name , silahkan nama sobat misalkan Septa Pamungkas. Kalau namanya cuma Septa, silahkan septa septa atau kalau engga coba last name nya dengan titik.

Choose your username, username ini nanti akan kita gunakan untuk mengakses gmail kita. kalau saya misalnya septa, cuman akhir-akhir ini agak sulit kalau kita ingin membuat akun gmail sesuai nama kita, karena sudah tidak tersedia di google, mungkin sudah digunakan oleh orang lain. Silahkan cari sampai dapat dan cari yang cocok dengan hati sobat.

Create a password, Silahkan buat password dengan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus dan jangan beritahukan ke orang lain

Tanggal lahir, isilah tanggal lahir sobat, biasanya kalau anak kecil belum boleh. Kurang tahu deh kalau kebijakannya berubah.

Mobile Phone, Isi nomer telepon anda yang aktif, karena nantinya untuk konfirmasi melalui sms. Ada juga yang blognya dihapus karena ga pernah mau isi nomer telepon

Your Current Email Address, ini diperutukkan bagi orang yang sudah pernah punya email. Tujuannya untuk konfirmasi sewaktu-waktu kalau email lupa password.

Location, Indonesia tentunya dan selanjuntnya kita diminta untuk menyetujui Term of Service. Centang aja ya, tapi kalau mau di baca dulu juga ga papa.

Selanjutnya klik next step.

Verifikasi Akun (Verify your account)

Disini, kita akan diminta mengisikan nomer telpon agar google bisa konfirmasi ke kita melalui sms ataupun voice call (telp). Kalau sudah kita pilih, silahkan untuk continue dan silahkan tunggu, nanti akan ada SMS. Kalau sudah di sms, isikan verifcation code dan continue.

Sudah selesai..

2. Mendaftar di Blogger.com

Tadi kan kita sudah membuat gmail, jadi kita bisa mendaftar ke blogger.com dengan membuka browser yang sama, dan ketikkan blogger.com.

Biasanya, kita akan diminta memasukkan sandi kembali untuk verifikasi kalau kebetulan sobat semua sedang membuka gmail. Setelah memasukkan kata sandi, kita akan ke menu selanjutnya yaitu mengisi profil seperti dibawah



Kalau melihat gambar diatas, ternyata ada dua pilihan ya. Yang sebelah kiri kita bisa langsung menggunakan profil yang ada di google plus. Tetapi kalau yang kanan, kita mesti isi sendiri data-data pribadi kita.

Cuman kalau belum punya google plus ya sama saja mesti isi beberapa data seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dll.

Kita juga bisa menambahkan foto kita pada pengaturan ini, jadi siapin aja foto sobat yang paling ganteng or cantik.

3. Membuat Nama Blog dan Memilih Tema Blog





Langkah selanjutnya adalah membuat blog baru, dengan memilih menu New Blog. Maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah.





Disini kita diminta untuk mengisi Title atau judul untuk blog sobat contohya Blog tentang otomotif, misalnya. Kalau sudah, selanjutnya kita isi Address atau alamat blog yang ingin kita buat ,misalnya otomotif.blogspot.com.

Tetapi kita mesti tahu apakah alamat blog yang kita inginkan masih tersedia atau tidak. Contoh saya adalah septapw.blogspot.co.id dan plesirangue.blogspot.co.id karena masih ada ya bisa langsung buat.

Selanjutnya pilih template atau tema (theme) yang ingin kita gunakan misalnya tema simple diatas atau sesuai selera sobat dan selanjutnya silahkan pilih create blog

Untuk melihat hasil bisa ketikan sesuai alamat blog sobat, misalkan otomotif.blogspot.co.id dan harusnya keluar di browser sobat.




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Panduan Teknis Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot"