Panduan Singkat Bagi Administrator E-Learning Moodle


Menjadi seorang admin di moodle plus pengajar membuat saya belajar banyak. Cuman saya pengen ngaja orang lain untuk menjadi admin. Buat sobat yang juga sebagai admin moodle berikut ini adalah panduan Singkat Bagi Administrator Moodle. Semoga saya bisa bagi beberapa hal berikut :
1. Mengatur Halaman Muka/ Home.
2. Merubah tampilan situs e-learning moodle
3. Menambah Materi Kursus
4. Menambah User
5. Mengatur File Management

1. Mengatur Halaman Muka/ Home.

Halaman Muka atau Home adalah halaman yang pertama kali ditampilkan ketika membuka situs e-learning. Jadi sebaiknya diatur dengan baik kan. Walaupun saya juga belum ahli soal ini, hehe. Sebenernya untuk moodle front page setting ada 2 halaman yaitu ketika belum login dan setelah login. Keduanya bisa sobat atur sesuai selera. Tak kasih contoh nih dibawah ini, sebentar ya.... di bawah ini  contoh sebelum login yang saya setting menampilkan kursus yang tersedia.


Gimana ngaturnya?
Silahkan sobat PW login terlebih dahulu dengan user dan password admin yang pernah dibuat. Kalau sudah buat mengatur halaman depan, sobat harus masuk ke administrator >> Front Page >> Front Page Setting >>

Akan ada beberapa hal yang bisa kita atur dan ubah

Full Site Name, Jika sobat ingin mengganti nama yang sudah dibuat ketika install moodle pertama kali. Misalkan Septa Pamungkas Academy

Short Name for Site, Nama pendek dari situs sobat, misalkan awalnya adalah Septa Pamungkas Academy jadinya kita beri nama pendek SPA.

Front Page Summary, Disini bisa diisi dengan sekilas pandang tentang situs, misalkan training otomotif online atau sekolahan apa gitu.


Front Page, Pengaturan ini digunakan untuk mengatur tampilan depan sebelum kita login. Disini ada beberapa pilihan yaitu New Items, List Of Course, List Of Category, Combo List, Cource Search Box dan None. Jadi kita bisa saja menampilkan berita, daftar materi yang tersedia atau yang lainnya.

Front Page item when logged in, Kalau yang diatas adalah tampilan sebelum login, kalau di pengaturan ini adalah tampilan setelah login. Disini ada beberapa pilihan yaitu New Items, List Of Course, Enrolled Course, List Of Category, Combo List, Cource Search Box dan None

Maximum Category Depth,
Maximum number of courses,
Include a topic Section,
New item show,
Comment displayed per page,
Default frontpage role,
Silahkan bereksperimen dengan tampilan depan moodle sobat. Apabila sudah, pilih save changes


Menambah Materi Kursus

Menambah materi kursus ini dimaksudkan jika sobat ingin mulai membuat materi, tapi sebaiknya pahami dulu konsepnya. misalkan sobat mau membuat materi sekolahan, ada kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan setiap kelas ada beberapa materi yaitu kejuruan dan non kejuruan. Sebaiknya sobat membuat dengan Kategori dengan nama Kelas 1 dan sub kategori dengan nama kejuruan dan non kejuruan dulu baru membuat materi. Teknisnya sebagai berikut.
Masuk ke menu Site administration >> Course >> Add a Category

Parrent Category,
Category Name,
Category ID number,
Description,
Untuk penambahan sub kategori juga bisa dengan menu yang sama, hanya saja Parrent category dihubungkan dengan Kategori yang dimau. Misalkan kategori Kelas 1 karena sub kategorinya berhubungan dengan Kategori Kelas 1

Menambah Materi Kursus
Jika ingin menambah materi kursus, silakan masuk ke menu Site administration >> Course >> Manage Course and Category dan setelah tampil seperti dibawah, pilih Create new Course

Maka akan ada permintaan untuk mengisi beberapa hal, Tapi untuk cepatnya saya biasanya cuma mengisi Judul, Kode dan merubah Course Format. Menjadi topik atau weekly. Kalau sekolahan cocoknya weekly sedangkan kalau tempat kursus seperti tempat kami cocoknya topik. Untuk detail pembuatan Materi ini sobat bisa baca di pembahasan panduan guru ya.

Menambah User.

Nah ini yang menjadi tugas admin yang sebenarnya, yaitu mengatur user. Siapa yang boleh jadi murid, siapa yang boleh jadi guru, apakah gurunya boleh mengedit, siapa yang mengawasi guru alias menjadi manager. Tapi sebelum ke pengaturan tersebut, berikut gambarannya untuk membuat user.
Masuk ke menu Site Administration >> Users >> Add a new user

Mengatur File Management

Saat ini belum ada ide untuk menulis ini sebenere. Nanti di update

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Singkat Bagi Administrator E-Learning Moodle"

Post a Comment