10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif

Septapw.com-- Lurr.. kalau bicara tentang temuan terbaik teknologi mesin otomotif, memang perkembanganya kenceng banget.

Bagaimana tidak,

Kita tinggal tidur saja, semua pabrikan membuat produk dan inovasi baru. Itu kenapa, kita selalu ketinggalan.

Tetapi kalau soal akal-akalan, kita jagonya. hehe...

Kalau bicara teknologi mesin,

Banyak teknologi yang diterapkan sampai sekarang. Tentunya dengan beberapa perbaikan.
Yuk kita lihat.

1. Mesin 4 tak

Jika dilihat, hampir semua mobil menggunakan mesin 4 tak.

Iya kan?

Baik itu mesin bensin maupun mesin diesel.

Padahal, mesin 4 tak bensin sudah ditemukan sejak tahun 1876 oleh Nicolas August Otto. Mesin yang pertama kali dibuat mempunyai kapasitas 2.452 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 1 PS (0,7 kW)

Dibawah ini adalah replika yang langsung spw jepret di museum jerman


temuan terbaik teknologi mesin otomotif


Menyusul untuk mesin diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel pada tahun 1893.

Ternyata sudah lebih dari 100 tahun ya teknologi ini.



2. Forced Induction

Forced Induction boleh dibilang sebagai pemasukan udara paksa.

Ada yang tahu ga maksudnya lurr?

Udara dipaksa masuk kedalam silinder. Tujuannya supaya udara masuk lebih padat sehingga pemasukan menjadi lebih efisien.

Tahu kan mendorong udaranya menggunakan apa?

Yupz,....

menggunakan Turbocharger atau Supercharger.

Sekilas tentang efisiensi pemasukan

Waktu masuknya campuran bahan bakar dan udara itu sangat singkat, jadi ya buat menuhin satu silinder itu ga akan bisa. Sudah banyak hal yang dicoba oleh para ilmuwan, contohnya dengan memperbesar katup masuk (intake), ada juga yang membuat 5 katup dalam satu silinder dengan kombinasi 3 in dan 2 ex. Cuman masih saja belum optimal. Makanya digunakanlah Turbocharger atau pakai Supercharger.

Sekarang banyak mobil-mobil dengan cc kecil dilengkapi teknologi Turbocharger ini seperti Golf GTI, Touran, Honda CRV baru. Tujuannya untuk efesiensi pemasukan tadi. Jadi dengan kapasitas mesin kecil pun bila efisien maka tenaga mesin akan sangat besar.

3. Fuel Injection

Fuel Injection atau sistem injeksi bahan bakar. Banyak orang lebih suka dengan istilah EFI. Walaupun sebenarnya EFI merupakan merk dagang dari group Toyota.

Sistem injeksi sendiri mulai di kembangkan lebih getol di tahun 80-an, dan sampai saat ini motor pun hampir semua menggunakan sistem injeksi. Kalau mobil di Indonesia, mulai dari tahun 2007 sudah tidak produksi mobil karbu.

Pada sistem injeksi ini pastinya sudah tidak menggunakan karburator lagi. Jadi bahan bakar di semprotkan ke intake manifold oleh injektor.  Bahan bakar akan bercampur dengan udara secara merata, kemudian dihisap ke dalam silinder. Setelah itu dibakar dan jadi tenaga.

Kalau di mobil atau di motor atau dibrosurnya ada kata kata EFI, PGM-FI atau MPI, artinya mobil sudah injeksi ya lurr.


4. Direct Injection


Direct Injection merupakan teknologi sistem bahan bakar injeksi yang lagi hits saat ini. Karena banyak produsen mobil sedang mengembangkannya. Sebenarnya istilahnya adalah Gasoline Direct Injection. Kalau di lihat dari namanya, bahan bakar bensin akan disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar. Jadi sebenarnya teknologi ini memang mirip mesin diesel.

Mobil apa aja yang sudah pakai teknologi ini ya ?

Contohnya di mobil Audi ada istilah FSI, di Mercedes ada istilah CGI di Mitsubishi ada istilah GDI, artinya mobil-mobil tersebut menggunakan teknologi Gasoline Direct Injection.

5. Alumunium Engine Block


Beberapa tahun terakhir, banyak mobil menggunakan blok mesin berbahan aluminium. Tujuannya agar bobot mesin mobil lebih ringan sehingga lebih efisien. Selain itu mesin dengan blok alumunium ini lebih mudah melepas panas.

Ah mesinnya ga kuat dong?

Ga perlu kuatir, untuk mesinnya terutama pada silinder blok nya menggunakan teknologi khusus untuk pengerasannya.

6. Double Overhead Chamshaft

DOHC atau Double Overhead Camshaft adalah bagian dari mekanisme katup. Motor kalau dah pakai DOHC kayaknya udah manteb banget. Kemarin ada juga mobil yang masih pakai SOHC dan diledek oleh nitijen.

Teknologi DOHC ini menggunakan dua buah camshaft yang diletakkan di kepala silinder. Jadi biasanya katup masuk dan katup buang dilayani oleh masing-masing camshaft. Biasanya kalau sudah pakai DOHC katup per silindernya juga lebih banyak sehingga pemasukan campuran bahan bakar dan udara lebih efisien.

7. Variable Valve Timing

Teknologi ini membantu untuk membuat pemasukan bahan bakar dan udara lebih efisien karena menyesuaikan sesuai kebutuhan mesin. Ada banyak banget istilah untuk Variable Valve Timing ini. Mulai dari VVTi, VTEC, Audi Valve Lift, Valve Tronic, dll. Memang dari konstruksi juga berbeda-beda. Tapi tujuannya sama efisiensi pemasukan.

8. On Board Computer

Awalnya di mobil hanya memiliki Engine Control Unit, tetapi sekarang sudah sangat banyak. Kadang saya temui lebih dari 20 control unit yang terpasang pada sebuah mobil.

Eh lupa kan bahas teknologi mesin ya. Jadi harusnya ngomong tentang Engine Control Unit dulu saja.

9. Clean Diesel

Mobil diesel sekarang bersih lho, tapi ingat hanya mobil yang menggunakan teknologi Common Rail. Itu pun mobil yang dilengkapi partikulat filter atau orang pada ngotot bilang katalitik diesel. Dengan teknologi ini, maka mesin diesel jadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Jadi kalau di negara-negara sono noh, ga ada truk yang ngasep hitam. Semua harus ramah lingkungan.


10. Hybrid Engine

Teknologi mesin ini lagi hits banget, hanya saja di indonesia belum. Teknologinya adalah mengkombinasikan mesin dan motor listrik. Maksudnya mengkombinasikan adalah, keduanya bisa bergantian bekerja ketika berjalan.

mmm udah dulu ya semoga nanti bisa di update

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif"

Post a Comment