Cara Mengawasi Siswa Ketika Belajar Online dengan Moodle

Dari dulu septapw penasaran bagaimana cara mengawasi siswa belajar online dengan moodle. Biasa kan, takutnya materi kita jadi percuma kan. Memang repot sih kalau siswanya ada banyak, jadi perlu keiklasan buat memeriksanya.

Monitor dari hasil Kuis

Memang lebih baik repot sekali tetapi enak dibelakang. Kalau setiap topik materi kita berikan kuis yang mampu mengukur dan mampu memaksa siswa membaca, kita enak tinggal lihat dari grade saja.
Dengan nilai yang bagus paling tidak kita bisa tahu bahwa siswa membaca materi kita.
Yakin Mas?
Waktu itu saya belajar dari salah satu elearning dari belanda. Jadi ketika saya melihat pameran di Frankfurt, saya minta user demo untuk perusahaan tempat saya kerja. Wow dari beberapa tempat yang menawarkan e-learning, punya dia yang paling asik, makanya dia bilang game learning. Dan setelah nyoba, hampir setiap materi dijabarkan, dibawahnya selalu ada kuis buat memastikan siswanya paham. Seru juga kalau bisa di kombinasikan di moodle  (Yang pasti dia ga pakai moodle).
Jadi kesimpulannya kita bisa memonitor dari kuis, asal materi dan kuisnya benar-benar dipikirkan.
Disini saya mau berbagi caranya dulu. Jadi kita harus masuk ke menu user yang ada di administration

Kalau sudah pilih nama siswa yang ingin kita pengen tahu (klik dinamanya) dan akan tampil sebagai berikut.

Untuk melihat nilai kita tinggal lihat Grade Overview di bagian Report. Ketika di klik, nanti akan tampil materi apa yang dia ikuti, seperti list di Course Profile, tapi disebelah kanan ada nilai hasil kuisnya.

Monitor Aktifitas Setiap menit siswa

Kita bisa tahu kapan terakhir kali siswa kita login, dan apa saja yang dia lakukan setiap menit. Kepo aja sih, jadi siswanya juga merasa diawasin. Sesekali kita tunjukin ke siswa bahwa mereka diawasin.
Caranya lakukan seperti diatas dan buka menu All log maka akan tampil semua aktivitas yang dilakukan oleh user ini setiap waktu.

Keren kan, tanggalnya ada, jam nya juga ada, namanya ada, darimana aksesnya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengawasi Siswa Ketika Belajar Online dengan Moodle"

Post a Comment