9 Menu Administrator Wordpress untuk Mengontrol Website Anda

Paling tidak terdapat 9 menu admin yang dimiliki wordpress. Walaupun itupun bisa bertambah ketika kita install plug in.

Untuk masuk ke menu adminsitrator, anda harus login terlebih dahulu ke blog yang sudah dibuat. Ketikaan alamat blog anda dan ditambaha dengan /wp-admin.

Contoh http://localhost/alamatblog/wp-admin untuk blog yang anda install di komputer.

Contoh lain adalah http://domainanda/wp-admin apabila anda sudah mempunyai blog online.

Selanjutnya akan tampil halaman login. Isikan user dan password yang sudah anda buat. Maka kita akan ada tampilan dibawah ini.


menu wp-admin (dashboard)


Melihat Perfoma Blog pada Dashboard

Apa yang ditampilkan pada Dashboard sudah sangat membantu kita. Kita bisa tahu jumlah artikel yang kita post. Yang cukup penting juga adalah apakah ada komentar dari pembaca yang baru dan harus anda jawab.

Pada dashboard juga disediakan menu untuk membuat artikel dengan cepat. Misalnya anda punya ide dan ingin di tulis terlebih dahulu. 

Apabila ada update, akan muncul pengingat di bawah dashboard ini. Sebagai contoh diatas ada 4 menu update. 

Klik aja, dan nanti akan muncul apa saja yang harus di update. Sebaiknya juga segera di update! untuk antisipasi kalau ada yang memanfaatkan celah keamanan dari versi sebelumnya.

Ingat ya segera update!


Menu Pertama: Menu Post

Pastinya anda ingin membuat artikel blog!

Untuk membuat artikel blog, kita disediakan fasilitas didalam menu post ini. Membuat artikel baru, melihat semua artikel yang sudah kita buat dan juga membuat kategori artikel.




Ketika anda memilih all post, anda akan melihat daftar artikel yang sudah anda buat. Bisa jadi sekali waktu anda ingin edit artikel lama ataupun ingin menghapusnya. Apabila ingin edit silahkan pilih pada judulnya.

Ingin segera membuat artikel?
Langsung pilih add new untuk membuatnya. Dan silahkan mulai menulis seperti menu di ms word.

Untuk categories digunakan untuk membuat kategori. Pastinya anda ingin membuat beberapa kelompok artikel kan?


Media

Kalau bicara media, berhubungan dengan gambar, suara dan film, semua media yang kita upload akan tampil disini. Ada dua sub menu disini yaitu Library untuk mengintip isinya, dan Add New untuk menambah gambar ataupun media yang lain.
Media juga bisa ditambah dari menu pembuatan artikel


Pages alias Laman

Halaman digunakan untuk membuat artikel juga bisa dan biasane langsung ditampilkan. Kalau fitur standar, halaman ini cuman bisa diisi satu artikel. Biasane dimanfaatken buat halaman statis. Contoh kalau membuat website. Nanti coba dipraktekin.
Di menu pages ini, ada dua sub menu yaitu All pages dan Add New. Sobat sudah tahu kan kira-kira fungsi dari kedua menu tersebut?


Comments alias Komentar

Menu komentar ini untuk mengatur komentar yang masuk ke blog kita. Kalau dipilih akan muncul list komentar termasuk info artikel yang saling link. Disini kita bebas mau apain komentarnya. Tinggal chek box yang di sebelah kiri list, terus pilih aja apakah mau di anggap spam, mau di hapus, mau diizinkankomentarnya, dll


Appearance alias Tampilan

Menu ini untuk mengatur tampilan blog secara lengkap. Terdapat sub menu Themes, Customize, Widgets, Menus, Header, Editor
Theme digunakan untuk mengatur tema dari blog, bisa juga download tema. Sobat pw harus bijak dalam memilih theme. Supaya ga gampang di hack.



Plugins

Plugin kalau saya bilang sih tempelan, hehe. Jangan diikuti ya, yang jelas kita bisa mencari, memilih dan pasang plugin disini. Plugin apa yang dipasang? Itu tergantung kebutuhan sobat. Misal butuh plugin untuk membuat form, untuk editor, dll.
Dalam menu ini memiliki beberapa submenu yaitu installed plugins, Add New dan Editor


User alias Pengguna

Yang jelas disini untuk pengaturan pengguna, setahu saya ada 4 level pengguna yang bisa kita atur. Yang pertama adalah pelanggan, kontributor, penulis, penyunting, administrator.



Tools alias Perkakas

Tool berisi beberapa hal yaitu tools yang tersedia, biasanya menyesuaikan dengan plugin,
Import
Digunakan untuk impor data dari sistem lain misal blogger, tumblr, ataupun wordpress lain. Ini dilakukan kalau kita mau pindahan cms saja.
Export
Dilakukan ketika kita mau backup data dari blog wordpress ataupun mau pindahan platform cms.


Setting alias Pengaturan

Sobat bisa mengatur tentang penulisan, apa yang mau di tampilkan ke pembaca. Contohnya judul situs, slogan situs, dll
Ada juga pengaturan apa saja yg ditampilkan di depan web, contoh yang ditampilkan adalah postingan terbaru.
Juga kita bisa mengatur plug in dari sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Menu Administrator Wordpress untuk Mengontrol Website Anda"

Post a Comment