Memahami Active Service System (ASSYST) pada mobil Mercedes

Kebetulan hari ini saya ketemu sebuah fault 9204 Control unit ASSYST is not recieving any messages from the engine compartment. Yang saya pengen tahu bukan faultnya, lha wong ASSYST nya aja saya belum tahu. Jadi sobat semua saya mau ajak memahami Active Service System (ASSYST) pada mobil Mercedes. Sebenarnya belum pantes ajak-ajak, tapi ya ga papa lah biar sama-sama paham.

Sebenarnya ASSYST ini semacam reminder buat ngasih tahu kalau mobil sudah waktunya service. Wah saya ada gambarnya engga ya. Tapi mungkin sobat pernah ketemu kok di mobil mercedes ada tulisan "Service A" ataupun "Service B". Kira-kira mulai 1997 hampir semua mobil mercedes menggunakan sistem ini. Istilah kita mah reminder sebagai pengganti gantungan oli. Kan sering tuh di dekat switch digantungin gantungan oli. Nah kalau di mobil-mobil mercedes, sudah ga perlu sebenernya. Karena nanti akan ada display yang muncul di dashboard.

Jadi tahu dong tujuannya dibuat teknologi ini. Dimerk lain sebenarnya juga pakai, cuman belum tahu namanya apa.
ASSYST merupakan singkatan dari Active Service System yang digunakan sebagai pengingat untuk jadwal perawatan berkala pada mobil mercedes
Jadi kalau lampu ini muncul, segera ke bengkel ya.

Bagaimana cara ASSYST berkerja?

Fungsi utamanya sebenarnya buat ngingetin kita untuk ganti oli dan perawatan mobil sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh mercedes. Nah buat bisa reminder kan pasti ada control unit dan sensor, kalau sekarang sensornya jauh lebih komplit, yaitu sensor kualitas oli, brake pad, brak fluid, dan beberapa komponen lain.

Nah ASSYST yang sekarang lebih canggih, soalnya dia akan ingetin kira-kira beberapa km lagi waktunya service atau perkiraan tanggalnya (pakai hari).
Setiap berapa km dia akan menyala
Pabrik memberikan range sekitar 9.000-15.500 km. Saya agak lupa, apakah masih bisa diset setiap 5.000 km, karena sudah lama ga ngutak-atik ASSYT. Sebenarnya ada dua pilihan, mau pakai km atau bulan. Nah untuk bulan sekitar 12 bulan atau 24 bulan (kalau di merk lain pakai hari). Yang jelas mana yang lebih dulu tercapai.

Misal sobat setting nyala setiap 10.000 km, maka pada km 10.000 pertama, dia akan menunjukkan service A, selanjunya setelah dilakukan service, kita harus reset sebagai tanda untuk penghitungan 10.000 km kemudian. Nah di km 20.000, lampu peringatan Service B akan menyala.

Berikut ini rekomendasi untuk Service A
- Ganti oli dan Filter
- Periksa semua level cairan yang ada
- Periksa keausan roda dan tekanan roda
- Periksa rem dan komponen
- Reset Indikator

Berikut ini rekomendasi untuk Service B
- Ganti oli dan Filter
- Periksa semua level cairan yang ada
- Ganti cabin filter
- Cek keausan roda dan tekanan roda
- Periksa Rem dan komponen
- Reset Indikator.

Sebenarnya boleh ditambahkan untuk pekerjaan Tune-Up. Karena kondisi bahan bakar, udara di tempat kita kurang begitu baik. Jadi yang berhubungan dengan jadwal perawatan rutin, dijalankan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Active Service System (ASSYST) pada mobil Mercedes"

Post a Comment