Membuat Cangkir (Coffee Cup), Gelas dan Piring dengan Blender- Tutorial Blender


Wah diborong nih judulnya, dari membuat cangkir (coffe cup), gelas dan piring dengan Blender Software. Untuk latihannya kita coba buat cangkir dulu dan selanjutnya bisa dibuat latihan. Oke biar ga lama-lama kita coba langsung ya

Pertama yang harus dilakukan adalah menghapus objek box yang selalu hadir ketika blender di buka. Caranya dengan klik kanan pada objek dan tekan tombol delete.

Selanjutnya buat lingkaran dengan circle. Caranya pilih menu create circle atau dengan shift A dan pilih Mesh>>circle. Dan akan muncul lingkaran di tengah-tengah. Untuk ukuran biarin aja dulu ya.


Kalau sudah jadi lingkaran, masuk ke edit mode dengan tekan tab. Agar enak dalam bekerja, mending kita kerjakan dengan tampilan dari samping dengan cara tekan numpad 1 (kalau di laptop fn plus angka 1 kebetulan di laptop saya ada di huruf J).

Kita perlu membuat lingkaran menjadi tinggi, untuk membuatnya kita bisa extrude atau tekan huruf  E yang artinya extrude. Tarik ke atas, dan usahakan lurus. Kalau susah, atur X : 0, Y : 0 dan Z : 2 (atau  proposional dengan ukuran lingkaran) pada Extrude region di sebelah kiri.


Kalau sudah diatur dan yakin lurus, lihat garis tadi apakah masih berwarna orange? kalau iya berarti garis atasnya masih aktif, kita perlu memperlebar sisi atas gelas caranya harus di scale, dengan tekan S. Disini kita bisa memperbesar atau memeperkecil dengan cara menggerakkan mouse keatas untuk memperlebar dan ke bawah untuk memperkecil. Perlebar sesuai kebutuhan hingga seperti diatas.

Selanjunya tambah spline di tengah gelas dengan Ctrl + R karena kita perlu diameter yang berbeda di bagian tengah. kalau sudah ada warna pink, klik kiri dan tarik ke bawah sesuai tempat yang kita inginkan.
Lah kok bagian bawahnya terbuka?
Supaya bisa tertutup, pilih garis paling bawah (spline) dengan alt + klik kanan. Kenapa harus pakai alt, supaya terseleksi semua garis. Dan selanjutnya tekan F supaya bagian gelas bawah itertutup. Kemudian tekan I dan tarik kedalam supaya lebih tertutup.

Menebalkan object


Kalau sudah saatnya menebalkan object sesuai kebutuhan, misalnya 0.1 caranya kembalikan dulu ke object mode dengan tab, terus pilih modifier >> solidity. Menu modifier ini ada di sebelah kanan bergambar seperti garputala. Atur ketebalan pada kolom thick 0,1 dan apply.

Selanjutnya pilih moddifier subdivision surface dan isi view : 3 dan render : 3. Kalau sudah pilih smooth pada menu di sebelah kiri objek
Jadi tebel kan cangkirnya, cuman pas dilihat bagian bawah kok kurang rapi, makannya harus di rapikan. Pilih edit mode atau tekan tab. Tekan I dan tarik supaya lebih mengecil


Membuat Tangkai Cangkir

Bukan cangkir kalau tidak ada tangkainya. Sebelum membuat tangkai, buat 2 garis segmen melingkar terlebih dahulu dengan Ctrl R . Kalau sudah, pilih 2 bidang dan E untuk extrude. Tarik kira-kira cukup untuk tangkai cangkir.
Selanjutnya untuk buat lubang tangkai, pilih segmen samping pada kedua sisi dan tekan I. dan perkecil. Selanjutnya pilih mesh >> edges >> bridge edge loop

Selanjutnya pilih mesh >> edges jadilah sebuah cangkir.

Kalau sudah bisa buat, coba untuk berlatih membuat piring, gelas, dan gelas besar ataupun botol.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Cangkir (Coffee Cup), Gelas dan Piring dengan Blender- Tutorial Blender"

Post a Comment