Sekilas Tentang Mobil Hybrid dan Cara Kerjanya

Beberapa kali, ada mobil hybrid masuk ke bengkel untuk service, dan terkadang ketika briefing pagi ada yang tanya tentang mobil hybrid, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana merawatnya. Saya coba buat sedikit berbagi tentang mobil hybrid yang saya tahu.

Mobil dengan Sistem Hybrid

Berikut adalah contoh sistem hybrid dari mobil Toyota. Keren ya!


Kalau dilihat diatas, bagian dari mobil hybrid adalah :

  • Engine
  • Motor
  • Power Control Unit
  • Power Split Device
  • Generator
  • Battery
Loh ada mesinnya juga ya?
La iya kan hybrid. Kalau di film-film itu ibarat campuran manusia srigala dan vampir (Underworld). Tuh kan saya jadi ngelantur. Terus terang dulu saya kenal istilah hybrid ya dari situ, biar enak ingetnya.
Oke lanjut ke mobil hybrid. Jadi mobil hybrid mempunyai dua sumber tenaga, yaitu mesin dan motor listik. Antara mesin dan motor bekerja bergantian dan terkadang dibuat bersamaan. Untuk pengaturanya dilakukan sama Power Control Unit yang cukup besar kalau tak lihat. Nah untuk proses nyambung putusnya ke transmisi, dia pakai Power Split Device yang diatas yang bentuknya seperti planetary gear.

Cara Kerja ketika mobil mulai jalan

Untuk awal mobil jalan, motor yang dapat giliran pertama, tapi dengan catatan asalkan kapasitas baterai cukup ya. Kalau misal baterai tidak mencukupi ya mesti mesin dulu yang hidup. Jadi karena motor listrik doang yang jalan, maka irit karena ga pakai bahan bakar dan smooth (lembut) jalannya.

Cara Kerja Ketika Akselerasi atau Menanjak

Ketika butuh tenaga, mesin akan dihidupkan dan diawal-awal mesin dan motor akan bekerja sama alias hidup bareng. Disini Power Control Unit yang atur pembagianya. Sampai akhirnya diambil alih oleh mesin semuanya.

Cara kerja Ketika Disakselerasi. 

Ketika disakselerasi ketika melewati turunan ataupun gas dilepas, mesin akan dimatikan. Dan Putaran roda akan memutar generator (jadi satu dengan motor) untuk melakukan pengisian.

Sementara itu dulu ya, maklum baru belajar juga soal hybrid. Nanti disambung lagi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Mobil Hybrid dan Cara Kerjanya"

Post a Comment