Cara Membuat Artikel dan Halaman pada Wordpress - Tutorial Wordpress

Membuat artikel pada wordpress sebenarnya cukup mudah. Kalau kita terbiasa pakai office word juga pasti familiar dengan menu-menu yang dimiliki wordpress.

Untuk bisa membuat artikel baru, kita memang harus masuk ke menu admin, 

caranya kita ketikkan alamat web dan tambahkan wp-admin, contoh http://septapw.com/wp-admin 

kalau misalnya pakai jaringan lokal http://localhost/namafolder/wp-admin. 
Nah kalau sudah, silahkan masukkan username ama password yang sobat punya. Kalau sudah, kita bisa mulai membuat artikelnya.
Sobat akan tahu secara teknis bagaimana membuat artikel dan halaman pada wordpress. 

Membuat Halaman/Page pada Wordpress


Dengan membuat halaman kita bisa membuat menu pada blog kita, misalkan home, about me, atau contact atau tentang topik yang sedang dibahas. 
Nah sebagai contoh kita akan membuat about me
  1. Caranya masuk ke wp-admin
  2. Pilih menu page dan add new
  3. Maka akan ada tampilan untuk mengisi judul halaman dan keterangan singkatnya. Disebelah kanan akan ada pilihan parent dan order. Parent digunakan untuk membuat sub menu, jadi misalkan kita membuat menu about me dan di bawah about me ada sub menu1 dan sub menu 2
    Nah kalau untuk Order adalah urutan, misalkan home di urutan pertama, artinya order diisi 1, kalau about me di sebelah kanannya, artinya ordernya diisi 2.
  4. Kalau sudah ya boleh disimpan.

Menampilkan Halaman/Page pada Menu


Setelah membuat halaman, maka kita perlu menampilkannya dalam sebuah menu supaya gampang diakses kan.
  1. Silahkan masuk ke menu Appearance >> menu. Maka akan tampil edit menu dan manage location. 
  2. Pertama yang harus dilakukan adalah create a new menu dengan catatan belum ada menu yang dibuat. Nah setelah menu baru dibuat, silahkan cheklist page mana (yang sudah dibuat) yang termasuk dalam menu itu.
  3. Kalau sudah dipilih tinggal mengatur lokasi menu tersebut, mau ditaruh di top menu atau di footer pada tabular manage location

Membuat Kategori dan Artikel pada Wordpress


Artikel ini diperlukan untuk menulis beberapa postingan yang ingin kita buat dalam sebuah menu. Kalau mau terstruktur rapi, silahkan rencanakan dulu kategorinya. Walaupun untuk membuat kategori sebenarnya bisa belakangan. Untuk bisa membuatnya, silahkakan sobat ikuti langkah berikut
  1. Masuk menu post >> categories seperti diatas
  2. Nah kalau sudah, kan bisa langsung isi nama kategorinya
  3. Jangan lupa, apakah kategori ini memempunyai hubungan dengan kategori lain atau tidak. Kalau ada pilih pada menu parent.
Selanjutnya kita bisa mebuat artikel untuk kategori yang kita buat tadi dengan cara klik menu post >> add new. Maka akan tampil seperti dibawah ini, dan siap untuk isi judul dan artikel baru




Memasukkan Media, Gambar, Video pada Artikel Wordpress.

Artikel tanpa gambar akan terasa hambar, betul engga? walaupun saya juga sering tidak memakai gambar, hehe. Soale takut melanggar hak cipta. Jadi kalau bukan gambar sendiri, mendingan jangan deh.
Nah buat nambah gambar tinggal klik menu add media yang dibawah judul. Tinggal cari gambar yang ingin di upload dan post.





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Artikel dan Halaman pada Wordpress - Tutorial Wordpress"

  1. terimakasih banyak atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-acne/

    ReplyDelete