Membuat Gambar Lampu dengan Inkscape

Untuk keperluan training saya perlu membuat gambar lampu dengan inkscape (alternarif coreldraw). Biar enak, saya buat video dan tulisan, tergantung mana yang cocok buat sobat semua.
Disini sobat semua akan belajar bagaimana membuat lingkaran, kotak, memodifikasi kotak, menyatukan dua objek jadi satu, dan mengatur perwarnaan. Kalau siap yuk mari kita mulai

Membuat Lampu

Dalam membuat lampu, kita buat lingkaran dan kotak dahulu, gimana caranya? untuk membuat lingkaran, klik menu lingkaran pada menu disebelah kiri (gambar lingkaran) atau dengan F5. Biar lingkarannya benar-benar bulet bisa sambil tekan ctrl + alt bersamaan dengan drag.


Untuk membuat kotak (tekan F4), pilih menu kotak yang sudah saya panah biru, dan letakkan dibawah lingkaran dengan besar kira-kira sebesar lingkaran. Dan buat kotak-kotak lebih kecil seperti gambar diatas.
Loh kok dibuat berjauhan? Misal mau langsung berdekatan juga ga papa.

Selanjutnya kita mesti membuat objek menjadi rata tengah dengan cara membuka menu object >> Align and Distribute (Shift + Ctrl +A) maka akan muncul menu seperti sebelah kanan. Untuk membuat rata tengah, pilih objek dan pilih Align yang rata tengah (kotak merah).


Sudah bisa buat rata tengah kan? Kalau sudah, kita bisa mulai merubah kotak yang tengah menjadi trapesium. Agar bisa dibuat trapesium, objek kotak harus diubah menjadi path terlebih dahulu. Caranya dengan memilih kotak yang dimau dan memilih menu Path >> Object to Path.


Kalau sudah, kita bisa tarik dari sudut-sudutnya dan disusun seperti gambar dibawah. Dan kalau sudah seperti gambar dibawah, silahkan pilih kedua object dan gabungkan dengan cara memilih menu Path >> Union (Ctrl + +).



Kalau sudah, tinggal mengatur posisi, untuk kotak harus berada di paling atas. Untuk menggeser kotak ke posisi paling atas, kita bisa pilih menu seperti gambar dibawah



Mengatur Warna

Selanjutnya adalah mengatur warna, agar lampu terkesan nyata seperti aslinya. Untuk memberi kesan asli, kita harus bisa membuat gradasi dan memilih warna yang baik. Kita contohkan untuk yang bawah dulu ya. Ikuti urutan yang ada digambar di bawah.
Yang pertama pilih gradasi, dan kemudian pilih edit karena garis yang di point 3 hanya mempunyai 2 titik warna. Kita akan tambahkan menjadi 5 titik warna dengan klik dua kali pada garis, pastinya nomer 2 harus di klik lho ya. Kalau sudah baru pilih tools pada nomer 4.

Klik dimasing-masih titik dan ganti warnanya menjadi kombinasi gelap dan terang, agar realistisnya terlihat. Contoh seperti dibawah, saya mainkan 1, 3 dan 5 dengan warna yang sama, kemudian nomer 2 dan 3 dengan warna yang lebih terang

Sebenarnya bisa ditambahkan dengan lingkaran agar terkesan lebih terpusat untuk cahayannya, seperti yang saya contohkan pada video dibawah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Gambar Lampu dengan Inkscape"

Post a Comment