Mengenal Lingkungan Kerja AutoCad


Kaget juga setelah melihat tampilan autocad 2017. Lingkungan kerjanya sudah berubah sangat banyak.


Maklum saja, awal belajar autocad tahun 2001. Jadi masih sangat wajib menghafalkan perintah menggambar.

Ujian waktu itu dari dosen hanya membuat dua lingkaran yang dihubungkan dengan garis. Dan sepertinya susah banget. 

Yang pasti dengan autocad yang baru pasti jauh lebih mudah.

Mengenal Autocad

Anak mesin ko ga bisa autocad!

Itu perkataan asdos yang mengajar saya menggambar pdms di kampus waktu itu. Wah tersinggung saya, hehe. Padahal memang saya lebih banyak belajar otomotif jadi kemampuan Autocad kurang. Dan bekerja 15 tahun di otomotif, Autocad tidak terlalu terpakai.

Nasib.

Daripada gelar yang baru saya dapat dicabut, mendingan start lagi dari awal. Buat yang lagi start, yuk mari saya temeni kenalan dengan autocad.

Apa sih enaknya gambar pakai autocad?

  • Populer. Jujur saya lebih suka menggunakan solidworks, tetapi autocad memang jauh lebih populer. Eh lupa, solidworks kan saingannya Inventor, ko saya sebutin disini.
  • Presisi. Memang sudah tuntutan ketika kita menggambar harus presisi. Kalau tidak benda kerjanya amburadul ketika di cetak.
  • Lebih enak dimodifikasi, jika dibandingkan dengan menggambar di kertas kalkir. Namanya juga menggunakan software, kalau ada salah bisa diedit dan dihapus tanpa meninggalkan bekas. Lain sama kertas langsung, bluwuk, bisa sobek.
  • Efisien ketika benda yang digambar sama. Kan bisa copy paste, mirror, dll


Sebelum menggambar, sebaiknya kita mengenal lingkungan kerja. Jadi tidak kebingungan ketika menggambar.

Jika sobat belum punya Autocad, bisa ko daftar student version. Tapi ingat cuma untuk belajar. Jalan lancar ko, adik saya saja mengerjakan tugas pakai ini. Autocad yang saya gunakan adalah autocad 2017 student version.

Karena user saya sudah expired 3 tahun yang lalu, saya menggunakan user adik saya.

Ko bisa?

Karena 1 program bisa di instal di 3 komputer. Dan kita bisa menginstall semua produk autodesk. Catatanya, jika pc kita kuat.

Kemarin saya mau pasang inventor saja, laptop saya ini sudah minta ampun. Karena yang tersedia saat ini paling tua adalah versi 2017.

Sayangnya student version tidak bisa untuk mengerjakan project. Itu pernah tak coba tahun 2013. Bukan dengan Autocad tetapi 3D max. Semua hasil gambar saya, tidak bisa dibuka di 3D max student version.

Pengen?

Silahkan coba daftar di sini dan selamat menggunakannya 3 tahun.

Lingkungan kerja autocad

Kembali ke topik Autocad, kita akan mengenal lebih dekat lingkungan kerja autocad. Jika kita membuka autocad, maka layar pertama adalah seperti berikut ini.



Coba sobat lihat disebelah kiri layar, terdapat menu Get Started.

Itu jika kita ingin mulai menggambar baru dan melakukan pengaturan sendiri.

Tetapi sebaiknya untuk pemula kita memilih template yang sudah disediakan.

Untuk memilih template coba klik di bawah gambar start drawing yang ada tulisan template.

Disitu juga ada menu open file untuk membuka file yang sudah kita buat, ada open sheet set, ada juga get more template onling, dan juga explore sample Drawing. Sedikit kekanan, terdapat Recent Documents yang akan menampilkan dokumen-dokumen yang baru saja dibuat. Dan disebelah kanan terdapat Notifikasi pesan untuk menambah perfoma autocad atau ada update mungkin dan juga menu untuk connect dengan akun A360 anda.

Untuk mulai coba template acad.dwt dan akan terbuka tampilan berikut. Nah setelah terbuka, sobat semua akan melihat yang namanya ribbon yang isinya menu-menu dari Autocad. Kita akan coba utak-atik yang namanya ribbon ini. Salah satu caranya adalah cari simbol panah kecil di sebelah menu, yang seperti gambar dibawah. Kalau sudah, coba klik maka tampilan ribbon akan berubah. Coba klik lagi dan lagi, sampai ke tampilan semula. Dari sini sobat semua mengertikan caranya?





Selanjunya adalah utak-atik menu dan panel. Maksudnya kalau ada panel atau menu yang belum ditampilin, kita bisa klik kanan pada area kosong panel (coba lihat sebelah kanan view) maka akan tampil beberapa pilihan menu. Pilih Show Tabs >> dan pilih. Untuk yang ingin ditampilkan silahkan di klik sehingga ada tanda centang. Contoh misalnya 3D Tools ingin ditampilkan dalam menu, silahkan klik sampai muncul centang. Misal juga mau menghilangkan menu home, bisa centang juga.




Kalau mau utak-atik menu panel juga bisa, caranya sama seperti diatas. Misalkan panel draw ingin disembunyikan, dll. Coba sendiri ya


Ribbon Workspace

Yang pertama adalah kita mesti tanya, mau gambar 2D apa 3D ? Tapi kita ga perlu susah-susah setting, tinggal pilih ajah antara 2D, 3D.Cuman untuk versi 2017 pilihannya adalah Drafting & Anotation, 3D Basic, 3d Modeling. Menunya ada di menu di kanan bawah yaitu Workscpace Switching (gambar roda gigi) dan pilih sesuai keinginan.






Kalau mau gambar 2D silahkan pilih Drafting & Anotation dan kalau mau 3D silahkan pilih. Sekarang kita coba 3D Modeling. Maka susunan toolboard akan berubah. Berikut ini adalah tampilan dari masing-masing toolbar


Drafting & Anotation





Drafting & Anotation

Kalau dilihat diatas akan muncul toolbar dengan beberapa group yaitu group Draw, group Modify, group Annotation, group Layers, group Block, Group Poperties, dll


3D Basic



Kalau 3D Basic terdiri atas group create, group edit, group draw, group modify, group selection, dan grop coordinates


3D Modeling



Kalau di 3D Modeling, toolbar yang ditampilkan adalah group modeling, group mesh, group solid editing, group modify, group section, group coordinates, group view.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lingkungan Kerja AutoCad"

Post a Comment