Cara Membuat Postingan Terbaru dengan Menambahkan Gambar dan Video pada Blogger

Setelah berhasil membuat blog dengan menggunakan blogger, tentunya sobat semua ingin membuat artikel yang dibaca banyak orang.

Pada postingan kali ini, saya ingin membagikan bagaimana cara membuat postingan terbaru dengan menambahkan gambar dan video pada Blogger. 

Tujuannya biar postingannya tidak hanya sekedar berisi tulisan, tetapi juga berisi gambar dan video yang mungkin diambil dari youtube channel sobat.


Membuat Artikel Baru untuk di Posting

Untuk membuat artikel, saya sarankan adalah dari ide yang sobat kembangkan sendiri, ditulis sendiri dan bukan dengan copy paste dari blog lain. Kalaupun mau copy dan paste, silahkan menyertakan link yang ada.

Langsung aja ke teknisnya, untuk membuat postingan baru, kita pilih menu entri baru. Maka akan ada tampilan seperti dibawah ini, silahkan isi dengan artikel anda. Loh dimana letak menu entri baru? silahkan lihat pada postingan saya memahami menu-menu blogger


Kalau lihat gambar diatas, kita diminta untuk menulis judul artikel. Silahkan buat judul yang ramah SEO dan menarik, walaupun terus terang saya pribadi juga masih kesulitan bikin judul yang menarik dan ramah SEO.

Selanjutnya tulis artikel yang ingin sobat tulis, dengan mengarang indah ya. Sebaiknya inti judul ditulis kembali pada paragraf pertama, supaya mesin pencari lebih menyukainya.

Pada blogger juga memiliki fasilitas untuk mengatur text dan penomoran, cuman jangan berharap sehebat aplikasi office ya. Sampai saat ini saya belum tahu apakah ada plugin seperti di joomla dan wordpress supaya bisa membuat tabel dll.


Menambahkan Gambar Pada Post

Kalau membuat artikel tanpa gambar, sepertinya ada yang kurang ya? jadi biar afdol postingan kita mesti ditambah gambar agar postingan terlihat menjadi lebih menarik. Cara menambahkan gambar cukup gampang kok, dengan memilih menu gambar pemandangan disebelah kanan tulisan link. Silahkan perhatikan dibawah



Kalau di pilih, akan muncul seperti tampilan seperti dibawah ini. Kalau sobat lihat, ada beberapa pilihan yaitu Upload, From this blog, From google album archive, from your phone, From your webcam, dan From URL. Sobat semua ga bingungkan mau milih yang mana?

Kalau mau memasang gambar dari komputer kita, kita mesti milih upload dan choose file. Tetapi kalau misalnya merasa gambar itu pernah di upload kita bisa pilih from this blog. Kalau misalnya kita punya foto-foto yang ditaruh di google album, silahkan pilih From Google Album Archive walaupun saya juga belum pernah nyoba yang ini. Kalau sobat mengerjakan menggunakan hp, pilih from your phone. Misalkan mau ambil gambar dari hasil selfie lewat webcam laptom silahkan pilih from your webcam dan terakhir kalau mau pinjem gambar dari web lain, silahkan pilih from URL.

Dibawah ini saya contohkan untuk yang upload gambar.



Untuk mengambil gambar dari komputer silahkan pilih choose file pada jendela upload. Dan pilihlah gambar dari sumber yang sobat punya dan open


Selanjutnya pilih add selected.Gambar akan terpasang seperti diatas. Apabila ingin menyesuaikan gambar, klik pada gambar dan sesuaikan ukuran dengan memilih Small, Medium, Large, Large-X ataupun Original Size.


Selain pengaturan ukuran juga ada pengaturan letak seperti rata kiri, tengah dan rata kanan. Selain itu kita bisa menambahkan keterangan dibawah gambar dengan Add Caption. Dan ini yang sering dilupakan yaitu untuk mengisi properties gambar. Kalau saran dari SEOnya sebelah, isi sesuai atau mirip dengan judul, biar kalau ada yang googling nyangkut di gambar kita.

Tips lain adalah dalam upload gambar sebaiknya jangan terlalu besar, karena nanti jatah ruang penyimpanan kita di blogger bakalan cepet habis. Karena ada info untuk gambar kita hanya di beri 1 GB. Untuk mengakalinya, silahkan gambar di resize sesuai kebutuhan. Untuk cara resize bisa dibaca di artikel saya tentang resize gambar.

Menambahkan Video Youtube pada Postingan Blog.

Misalnya sobat mempunyai youtube channel dan pengen dimasukkan kedalam postingan, langkahnya pilih insert a video di sebelah kanan menu gambar. maka akan tampil seperti dibawah ini.


Ada tiga pilihan disitu yaitu upload untuk mengupload dari komputer, From Youtube untuk mencari video dari youtube, dan juga pilihan My Youtube Videos untuk memilih video dari channel yang terhubung dengan email kita, seperti contoh diatas.

Klo yang di From Youtube, kita tinggal cari yang kita mau macam googling. Nantinya akan terpasang pada blog kita.

Membuat Link Ke artikel lain

Kalau mau ikutin SEO, kadang kita harus menyertakan link pada postingan kita. Misalnya link ke postingan kita yang lain. Sebagai contoh di artikel ini ada 2 link artikel. Jadi kita mesti tentuin dulu tulisan apa yang mau di kasih link. Kemudian seleksi tulisan tersebut dan pilih menu Link  pada menu. Selanjutnya isikan alamat url alias alamat artikel yang kita inginkan pada link tersebut


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Postingan Terbaru dengan Menambahkan Gambar dan Video pada Blogger"

Post a Comment