Membuat Kategori dan Artikel Postingan pada Joomla - Tutorial Joomla

Setelah selesai menginstall joomla dan sedikit mempelajari navigasi menu-menu joomla, sobat PW bisa segera mencoba membuat kategori dan artikel postingan pada joomla 3.6. Saya sarankan biar efisien mendingan buat kategori terlebih dahulu, jadi pas buat artikel bisa langsung dihubungkan.
Oke langsung saja ya

Membuat Kategori dan Sub Kategori

Untuk membuat kategori dan sub kategori, kita bisa lewat menu control panel, disitu ada menu Categories. Kalau tidak ya di menu Content >> Categories >> New Category dan akan tampil seperti dibawah ini.



Pada tampilan diatas, ada kolom title yang digunakan untuk membuat judul kategori. Silahkan isi dengan judul kategori yang sobat PW diinginkan. Untuk Alias bisa dilewatkan, karena nanti akan mengisi sendiri, tetapi silahkan kalau mau di isi juga bisa. Sedangkan untuk Description adalah untuk keterangan yang menggambarkan kategori yang sobat PW buat. Misal Kategori nya Jalan-jalan, nah untuk deskripsinya Semua hal tentang perjalanan saya.

Di menu sebelah kanan ada Kolom Parent, disini digunakan untuk mencari orang tuannya. Eh maksudnya apakah kategori yang sobat buat berdiri sendiri atau merupakan sub kategori. Misalnya ada kategori visit indonesia yang merupakan sub kategori dari jalan-jalan.

Kalau untuk yang warna ijo isinya ada 4 (empat) yaitu Published, Unpublished, Archived, Trashed.  Jika sobat PW mau langsung posting, silahkan pilih published.

Selanjutnya ada Access silahkan diisi sesuai keperluan. Misalnya nanti kategori ini bisa diakses oleh semua orang, kita mesti milih public. Level berikut adalah guest, jadi semua tamu yang terdaftar dipersilahkan untuk mengaksesnya. Atau juga pilih registered untuk orang-orang yang terdaftar saja. Bahkan bisa dipisah-pisahkan karena masih ada beberapa pilihan seperti special, dan super user. Disini enaknya joomla bisa diatur tingkat aksesnya. Ibarat ada yang boleh masuk ke pekarangan, ada yang boleh masuk keruang tamu, ada yang boleh masuk sampai kamar dan ada yang boleh masuk sampai dapur.

Kalau sudah selesai, silahkan untuk menyimpan, menyimpan dan langsung tutup ataupun menyimpan dan langsung buat baru pakai menu yang paling atas.

Membuat Artikel 

Untuk membuat artikel silahkan masuk menu Control Panel ataupun menu Content >> Article. Letaknya diatas menu kategori. Ketika membuat artikel baru, kita akan melihat tampilan seperti dibawah ini



Silahkan mulai membuat artikel dimulai dengan judul , dan isi contentnya. Apabila ingin mengatur artikel biar rapi, terdapat beberapa tool yang cukup lengkap seperti untuk menebalkan, membuat tulisan miring, juga ada yang digunakan untuk membuat rata kanan, rata kiri ataupun center. Apabila ingin menambahkan simbol, tinggal cari tanda ohm saja, cukup enak walaupun jarang digunakan, tetapi kalau ada kan sewaktu-waktu bisa dipakai.
Untuk menambahkan gambar, terdapat menu images, tinggal uppload gambarnya dan simpan. Dan ada beberapa fasilitas lain yang lebih lengkap dan bisa digunakan untuk membuat artikel yang lebih kompleks.

Apabila sudah selesai membuat artikel, silahkan kalau mau langsung di publish, ataupun disimpan dulu. Di sebelah kanan juga terdapat pilihan kategori. Jika sudah direncanakan dari awal, maka kita bisa pilih masuk ke kategori apa. Dan juga ada pengaturan access atau hak akses. Ini yang saya suka, karena kita bisa membatasi, siapa saja yang boleh membaca artikel yang kita buat, baik untuk public ataupun hanya untuk anggota saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Kategori dan Artikel Postingan pada Joomla - Tutorial Joomla"

Post a Comment