Mengatur Satuan Pada Autocad 2017

Sebelum menggambar, kita harus memastikan satuan yang digunakan sudah tepat. 

Contohnya mau menggambar rumah, bisa menggunakan satuan meter tetapi kalau menggambar benda kecil seperti baut kita menggunakan milimeter, bisa juga pakai inchi kalau kita terbiasa. 

Nah, bagaimana cara mengatur satuan pada Autocad 2017?



Untuk menggatur satuan, kita bisa memanggil jendela pengatur dari command line dengan mengetik UN, dan pilih unit dan tekan enter. Maka akan tampil window Drawing Unit.





Mengatur Length (panjang)


Saya akan coba jelaskan dari sisi atas kiri terlebih dahulu, yaitu Length. Disana terdapat pilihan type dan tingkat presisi.

Untuk "Type" terdapat beberapa pilihan yaitu; Decimal, Architectural, Engineering, Fractional dan Scientific. Kalau ingin tahu apa saja maksudnya, silahkan lihat di Sample Output (bagian bawah). 

Kalau saran dari para ahli, sebaiknya gunakan Decimal

Selanjutnya pilih " Precision" . Precision adalah untuk mengatur ketelitian yang anda mau. Misal mau sampai ketelitian 0,000 atau 1/1000 juga boleh. Siapa tahu, anda mau buat gambar dengan ukuran sangat teliti.

Kalau saran dari para ahli, menggunakan 0,00 sudah cukup.

Mengatur Angle (Sudut)

Untuk mengatur satuan sudut, anda bisa melihat pada bagian kanan. Disana terdapat ; Decimal Degrees, Deg/Min/Sec, Grads, Radians, Surveyor's Units.

Saya pribadi lebih familier dengan Decimal Degrees.

Dan perlu kita ketahui, secara default sudut pada penggambaran Auto Cad adalah berlawanan arah jarum jam. Apabila ingin merubah menjadi searah jarum jam juga bisa, tinggal klik check box dari clockwise. Tetapi sebaiknya jangan lah..


Mengatur Satuan

Selanjutnya adalah memilih satuan.
Silahkan pilih satuan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan milimeter.

Apabila sudah, silahkan klik ok.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatur Satuan Pada Autocad 2017"

Post a Comment