Membuat Gambar Tumpukan Buku dengan Adobe Illustrator

Halo sobat pw, agar tidak bosen setelah mempelajari beberapa step belajar Adobe Illustrator, sekarang kita coba berlatih terlebih dahulu membuat gambar tumpukan buku dengan Adobe Illustrator

membuat gambar tumpukan buku dengan adobe illustrator


Pada tutorial ini kita akan mempraktekan bebarapa tools dasar seperti membuat elips, membuat garis dan memilih warna. Dan juga nanti akan ada beberapa tambahan yang mungkin belum kita pelajari. Yaitu efek melengkung, dan memotong.

Langkah 1

Mari kita buat dokumen baru. Saya contohkan Width 400 x Height 400 px . Apabila lupa dengan cara membuat dokumen baru, silahkan buka lagi disini.

Gambarkan sebuah elips dengan Ellipse Tool (L) dengan ketebalan garis 7pt dan warna garis R=242 G=25 B=87 . Selanjutnya silahkan potong dengan Scissor Tool (C) dan klik pada titik atas dan bawah. Jika masih bingung pelajari lagi menggambar 6 objek dasar




Langkah 2

Buat garis dengan Line Segment Tool (\). Dan pastikan antara ujung garis dan setengah lingkaran menyatu.




Langkah 3

Selanjutnya kita akan membuat isi buku. Buatlah kotak dengan Rectangle Tool (L) kira-kira sebesar cover buku tadi dengan warna yang soft. R=244 G=239 B=184

Dan selanjutnya kita akan buat efek melengkung pada kotak dengan memilih Effect > Warp > Arc Upper. Dan akan muncul tampilan berikut.




Silahkan disesuaikan nilainya dengan cover buku. Kalau diatas saya contohkan -45 Untuk Arc Lower dan parameter vertical.

Selanjutnya adalah Arc Upper, vertical dengan bend 55%




Apabila sudah selesai, jangan lupa untuk memilih Object > Expand Exppearance supaya garis seleksi melebar dan menyeleksi keseluruhan. 

Langkah 4

Langkah selanjutnya adalah membuat kesan halaman pada buku. Untuk mebuatnya, kita mesti membuat sebuah kotak yang tipis dan dengan warna lebih gelap. contohnya R=173 G=167 B=123 .

Jika sudah kita bisa mengcopynya dengan Alt +Shift dan geser garis kebawah. Selanjutnya Ctrl +D untuk duplikasi yang berjarak sama. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan perintah copy biasa (Ctrl +C).

Untuk membuat kotak tadi terpotong dan menyatu dengan bidang buku, langkah-langkah berikut tidak boleh terlewat yaitu.

Seleksi bidang buku (sebelumnya kita buat) kemudian Ctrl + C dan Ctrl + F. Dan lanjutkan dengan Ctrl + X dan Ctrl + F. Maka objek akan berada didepan. Seleksi bidang buku dan garis halaman buku. Kemudian pilih Window > Pathfinder dan pilih crop.





Setelah berhasil, silahkan satukan dengan cover buku dan bereksperimen dengan warna yang lain.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Gambar Tumpukan Buku dengan Adobe Illustrator"

Post a Comment