Bedah 3 Generasi Mobil Toyota Alphard

Septapw.com -- Lurr... Mobil Toyota Alphard makin keren aja ya bentuknya. Walaupun ada yang berpendapat bentuknya terlalu kaku. Tapi selera orang kan beda-beda ya. Tetapi yang jelas Alphard itu mobil MPV mewah dari Toyota. 

Dimulai dari Generasi pertama, mobil Alphard sudah masuk ke Indonesia. Kalau ga salah di tahun 2002.

Memang sih, Toyota memproduksi Alphard pertama tahun 2002-2007. Baru setelah 5 tahun, keluarlah generasi kedua yaitu tahun 2008-2014. Itupun sebagian modelnya dinamai dengan Vellfire.

Dan untuk produksi yang sekarang adalah generasi ketiga. Dimulai produksi tahun 2014 sampai sekarang. Bentuknya memang lebih gagah menurutku dan sebagian orang menjuluki Alphard Transformer.

Hampir setiap hari saya ketemu dengan mobil ini. Bukan karena punya mobilnya, tapi kerena kebetulan kerja di bengkel auto service.





Mobil Toyota Alphard ini jenisnya MPV dengan 5 pintu. Ststst... Toyota Indonesia baru mulai menjual Alphard pas sudah keluar generasi kedua lurr. Jadi jangan heran kalau yang generasi pertama masih banyak huruf kanjinya. Karena generasi ini masih import langsung alias CBU.

Mobil Toyota Alphard Generasi Pertama



Seperti yang sudah tak sebutkan tadi, mobil Toyota Alphard generasi pertama diproduksi sekitar tahun 2002-2007. Yang masuk ke Indonesia masih CBU lho ya.

Karena waktu itu ada beberapa importir mobil mendatangkan langsung dari jepang. Yang cukup terkenal adalah simprug mobil, ads, dll. Mungkin karena astra masih konsen jualan innova dan avanza pada waktu itu.

Alphard yang dijual ada 2 tipe yaitu 2400 cc dan 3000 cc. Secara teknis saya menyebutnya ANH10 buat yang 2400 cc. Dan MNH10 untuk yang 3000 cc

Kenapa harus nyebut kayak gitu lurr? Biar nanti ga ketuker kalau mau beli spare part. Repot soale.. Dari sekedar engine mounting aja beda.

Kalau pengen tahu lebih detail, nomer modelnya ada di emblem. Kalau yang baru sepertinya stiker. Biasanya di Toyota kalau ga di dekat Master rem (buka kap motor) ada di pintu sebelah kiri.

Coba aja lurrr...


Mobil Toyota Alphard Generasi Kedua







Lanjut ke generasi kedual lurr..  Mobil Toyota Alphard generasi kedua ini juga ada yang disebut Vellfire. Diproduksi tahun 2008-2014. Secara teknis Alphard generasi kedua dan Vellfire saya sebut dengan istilah ANH20.

Mobil ini mempunyai kapasitas mesin 2,4 liter atau 2.400 cc. Untuk tipe lain sepertinya tidak masuk ke Indonesia. Dan di akhir-akhir produksinya, Astra ikut jualan di Indonesia. 

Mesin yang digunakan masih mesin 2AZ-FE, hanya saja mengalami beberapa perubahan. Kalau yang pernah tak bongkar itu bedanya di balancer shaft. Tapi dikit doang.

Sempat juga mau beli blok hasil kampakan
. Eh yang datang ada beda dikit.. akhirnya tuker dulu. Sayangnya ga ta photo-photo jadi lupa detail bedanya. Masih bisa dilihat sih dari part number. Tapi pastinya lebih perlu kesabaran.


Mobil Toyota Alphard Generasi Ketiga




Mobil generasi ketiga ini sudah memakai mesin 2,5 liter. Jadi dah ganti lho ya. Dan secara teknis saya sebut GGH30. Sepertinya ada juga yang AGH30. Yang jualan sekarang dah Astra. Showroom CBU sepertinya sudah ga bisa lawan harganya.

Bentuk grillnya memang lebih gagah menurut saya. Tetapi tergantung selera masing-masing. Karena banyak juga yang tidak suka.

Untuk fiturnya apa saja, nanti saya update

Teknologi Mobil Toyota Alphard

Untuk teknologi yang ada di mobil Toyota Alphard, saya akan coba melihatnya dengan scan tools.

Berikut contohnya pada mobil Toyota Alphard ANH20





Contoh diatas, yang terbaca adalah teknologi Engine dengan VVT dan Multi point injection. Dan untuk sistem rem sudah dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control)


Tak lupa, dipasang juga immobiliser dan SRS airbag.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bedah 3 Generasi Mobil Toyota Alphard"

Post a Comment