Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 3 Generasi Mobil Toyota Alphard yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Septapw.com - Mobil Toyota Alphard memang dikenal sebagai mobil MPV mewah yang diproduksi oleh Toyota. Dan memang targetnya adalah menjadi mobil terbaik keluarga Indonesia setelah Innova.

Tetapi dengan harga baru sekitar 1-1,9 M tentunya kita semua tahu siapa target market dari mobil ini.

Wah berapa ya harga mobil Toyota Alphard generasi sebelumnya?

Sepertinya harganya sudah dibawah harga Toyota Innova baru. Dan itu artinya bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilikinya.

Sebelum membicarakan harga, mungkin Anda perlu tahu bahwa mobil Toyota Alphard ini sudah diproduksi sejak 2002. Dan sampai saat ini sudah ada tiga generasi yang beredar di Indonesia.

Kira-kira seperti apa bedanya? 

Mari kita cek

Mobil Toyota Alphard generasi pertama


Generasi pertama ini diproduksi mulai tahun 2002 dan terakhir tahun 2008. Dan waktu itu mobil ini masuk dalam kategori CBU karena di import langsung oleh importir umum bukan oleh Toyota. Itu sebabnya instrumen dan radio kebanyakan masih bertuliskan Jepang.

Secara model dan tipe memang bervariasi, hanya saja yang paling mudah diingat adalah varian mesinnya. 

Terdapat dua varian mesin yaitu 2,4 liter dan 3,0 liter dengan penggerak depan. Tetapi sempat saya jumpai di riwayat bengkel saya, sepertinya ada varian 4WD yang masuk kesini.

Apakah Anda pernah jumpai tipe 4WD ?

Semoga saya tidak salah lihat!

Mari kita tengok lebih detail dari varian mesin.

1. Mesin 2,4 liter 

Mesin yang digunakan adalah mesin 2AZ-FE dengan kapasitas 2.362 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 160 hp pada 5600 RPM dan torsi 220 Nm pada 4000 RPM. 

Mesin 4 silinder ini menggunakan blok mesin aluminium dan mekanisme katup DOHC dengan mekanisme VVTi. 

Mesin diletakkan secara horisontal dengan ruang mesin yang cukup sempit dan terlihat agak masuk.

Jika Anda perhatikan dengan lebih dekat, model dari varian ini diberi kode ANH10. Dan jika beruntung bisa dijumpai varian ANH15 yaitu penggerak 4WD.

Untuk transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis hidrolis dengan 4 tingkat percepatan. 

2. Mesin 3,0 liter

Mesin yang digunakan adalah mesin 1MZ-FE dengan kapasitas 2.994cc yang mampu mengeluarkan tenaga 194 hingga 201 Hp pada 5.200-5.400 RPM dan torsi 248-283 pada 4.400 RPM. 

Mesin 6 silinder ini menggunakan blok mesin aluminium dan mekanisme katup DOHC dengan mekanisme VVTi.

Mesin juga diletakkan secara horisontal dengan ruangan mesin yang terlihat sangat padat. Untuk nomer modelnya adalah MNH10 dan MNH15 untuk penggerak 4WD.

Transmisi yang digunakan sama dengan varian mesin 2,4 liter yaitu 4 percepatan. Hanya saja setelah facelift sekitar 2005 transmisinya menggunakan tipe transmisi otomatis hidrolis dengan 5 percepatan.

Sebetulnya masih ada satu varian mesin lagi yaitu 2,4 liter hybrid yang menggunakan mesin 2AZ-FXE. Tetapi model ini sepertinya tidak masuk ke Indonesia. Jika iya nomor modelnya adalah ATH10 dan transmisi yang digunakan sudah e-CVT. 

Mobil Toyota Alphard Generasi kedua


Mobil ini diproduksi pada tahun 2008 hingga 2015 dengan body yang lebih bongsor. Dan pada generasi kedua ini porsi CBU Alphard di Indonesia mulai berkurang, karena Toyota mulai menjualnya sendiri.

Desain dari generasi kedua ini terlihat lebih elegan dan modern dilihat dari desain grill depan yang lebih lebar dengan paduan krom.

Pada generasi kedua ini juga menghadirkan Toyota Vellfire untuk pendamping Alphard.

Apa perbedanya apa?

Alphard lebih elegan dan mewah sedangkan Vellfire lebih menonjolkan rasa modern dan sporty. 

Bagaimana dengan sektor mesin.

Toyota Alphard/Vellfire di Indonesia lebih banyak di dominasi oleh mesin 2,4 liter. Sedangkan untuk varian mesin 3,5 liter sepertinya sulit sekali di jumpai.

Bagaimana dengan hybrid?

Samar-samar dalam ingatan saya, sepertinya saya pernah menjumpainya masuk ke bengkel. Tetapi tentunya ini harus saya pastikan kembali.

1. Mesin 2,4 liter

Mesinnya memang masih menggunakan 2AZ-FE tetapi dengan perbandingan kompressi yang dinaikkan dan beberapa perbaikan seperti pada desain intake manifold.

Tenaga yang dihasilkan bisa sampai 170 hp atau 10 hp lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Pada bagian transmisi, generasi ANH20 ini sudah menggunakan transmisi otomatis tipe CVT-i dengan 7 percepatan.

2. Mesin 3,5 liter

Seperti yang sempat disinggung tadi, tipe ini sepertinya sulit ditemui di Indonesia. Mesinnya menggunakan 2GR-FE dengan kapasitas 3.456 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sekitar 270 hp pada 6.200 RPM.

Mungkin di Alphard bisa lebih tinggi, karena menurut data mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 341 hp menyesuaikan mobil yang menggunakannya.

Torsi yang dihasilkan oleh model GGH20 ini adalah 353 N.m pada 4700 rpm.

Transmisi yang digunakan tentunya bukan model CVT, karena tipe ini menggunakan transmisi  otomatis hidrolis dengan 6 percepatan.

Varian ketiga adalah hybrid tetapi sepertinya mesin dan transmisi masih menggunakan yang sama.



Mobil Toyota Alphard Generasi Ketiga




Mobil generasi ketiga ini sudah menggunakan mesin baru yaitu mesin 2,5 liter atau 2500 cc. 

Dan secara teknis saya sebut GGH30. Sepertinya ada juga yang AGH30. Yang jualan sekarang dah Astra. Showroom CBU sepertinya sudah ga bisa lawan harganya.

Bentuk grillnya memang lebih gagah menurut saya. Tetapi tergantung selera masing-masing. Karena banyak juga yang tidak suka.

Untuk fiturnya apa saja, nanti saya update

Teknologi Mobil Toyota Alphard

Untuk teknologi yang ada di mobil Toyota Alphard, saya akan coba melihatnya dengan scan tools.

Berikut contohnya pada mobil Toyota Alphard ANH20





Contoh diatas, yang terbaca adalah teknologi Engine dengan VVT dan Multi point injection. Dan untuk sistem rem sudah dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control)


Tak lupa, dipasang juga immobiliser dan SRS airbag.

Posting Komentar untuk "Ini 3 Generasi Mobil Toyota Alphard yang Bisa Jadi Pilihan Anda"